Gaji Minim? Berikut 5 Tips Menabung agar Gaji Tidak Habis begitu Saja.

Gaji kamu minim? tapi kamu ingin memiliki tabungan tenang baca artikel ini insyaallah kamu akan dapat menabung dengan gaji kamu yang minim! Jadi jangan menjadikan alasan gaji minim anda untuk tidak menabung yaaa!! menabung itu sangat penting untuk investasi di masa depan.

Katakanlah kamu adalah orang yang baru lulus kuliah atau kamu sedang menjalankan kuliah di semester akhir atau awal. jika memang iyaa pasti kamu kesulitan dalam menabung bukan?entah alasannya tidak ada uang jajan atau alasannya gaji kamu yang sangat minim.
Gaji minim? Berikut 5 tips menabung agar gaji tidak habis begitu saja.
Ya Meskipun kebutuhan kamu yang sangat banyak di masa-masa kuliahan, Apalagi kamu anak mandiri pasti tidak mengandalkan orang tua. Tapi Setelah kamu membaca artikel ini Jangan dijadikan alasan lagi ya!! Berikut adalah tips menabung untuk kalian!!

1. Coba tambah pemasukan dan kurangi pengeluaran
Cobalah mulai dengan menambah pemasukan dan mengurangi angka pengeluaran. sekarang ini apalagi dengan teknologi yang sangat maju serta modern, pastinya tidaklah sulit mendapatkan uang, dengan modal internet saja kamu sudah bisa menjadikannya sebagai pekerjaan sampingan meskipun bukan hal yang mudah setidaknya ada pemasukan.

Kamu bisa mencobanya dengan menjadi freelancer, entah di bidang desain grafis, pemrograman, penerjemah bahasa, digital marketing dan lain sebagainya. Ada banyak sekali yang marketplace yang mempertemukan klien dengan freelance seperti Fiverr, atau project.co.id jadi jangan ragu untuk mendaftar ya!!

Di sisi lain Jika kamu mendapatkan pemasukan tambahan, kamu juga sudah mulai bisa mengurangi pengeluaran, seperti menonton film seminggu sekali yang biasanya setiap hari atau setiap hari kamu makan di restoran kamu bisa mengurangi nya menjadi 2 minggu sekali. Jangan takut untuk tidak bisa ya!! Jika bukan mulai dari sekarang kapan lagi?

2. Mulai memprioritaskan kemana uang harus dialokasikan
Gaji minim? Berikut 5 tips menabung agar gaji tidak habis begitu saja.
Mulai sekarang Urutkan tujuan penggunaan uang kamu dari waktu ke waktu, berdasarkan tingkat prioritasnya Karena tujuan kamu adalah menabung. Maka cobalah prioritaskan pendapatan kamu untuk ditabung, buatlah list atau tabel yang menunjukkan bahwa tabungan dan investasi memiliki prioritas yang lebih tinggi daripada kewajiban membayar cicilan dan pengeluaran atas kebutuhan lainnya.

Memang kebutuhan manusia itu sangat banyak tetapi cobalah untuk lebih hemat dengan membeli apa yang diperlukan bukan apa yang diinginkan. Dengan mengikuti lits yang kamu buat tersebut tak ada lagi alasan untuk tidak menabung atau investasi karena uangnya tidak mencukupi!!

3. Investasikan sedikit demi sedikit
Kalau sudah ada uang yang bisa ditabung, jangan lupa sisihkan juga sedikit demi sedikit untuk diinvestasikan. Kenapa? tabungan memang membawa keuntungan karena ia bisa dijadikan dana darurat, di mana begitu kamu butuh kamu bisa menarik uang kapan saja dari tabungan. menabung juga bisa membantu kamu memenuhi setiap kebutuhan sesuai nominalnya.
Gaji minim? Berikut 5 tips menabung agar gaji tidak habis begitu saja.
Tetapi bila hanya bergantung pada tabungan yang ada uang tabungan kamu malah berkurang nilainya sedikit demi sedikit, karena telah kamu pakai. Tapi jangan takut kamu bisa menginvestasikannya sedikit-sedikit.

Jangan berpikiran bahwa investasi itu akan mengurangi uang kamu, kebalikannya investasi akan menambah seiring dengan berjalannya waktu, terutama karena adanya efek compounding. Kamu bisa membaca lebih dalam mengenai efek compounding disini: Apa itu efek compounding dan apa manfaatnya? Berikut penjelasannya

4. Hindari penggunaan kartu kredit
Dalam banyak hal memang harus diakui, bahwa kartu kredit memang memudahkan. Terutama lebih efisien ketika hendak memenuhi suatu kebutuhan ya tinggal gesek aja, cuma kalau tujuan kamu benar-benar untuk menabung cobalah hindari penggunaan kartu kredit sebisa mungkin.

Kenapaaa? Ada pepatah yang mengatakan bahwa 'the money you don't see is the money you don't miss' secara psikologis, uang yang tidak kita lihat jumlahnya memang lebih mudah untuk direlakan. Maksudnya menggunakan kartu kredit itu memang menyenangkan tapi karena uangnya secara fisik tidak terlihat maka cenderung mempengaruhi kita untuk menjadi boros karena berkurangnya tidak kelihatan tapi berpengaruh besar.
Gaji minim? Berikut 5 tips menabung agar gaji tidak habis begitu saja.
Pada akhirnya meningkatkan penggunaan kartu kredit sama artinya dengan menambah jumlah utang dan justru memberatkan tagihan. Yang ada bukannya menambah jumlah tabungan malahan bokek karena tagihan terus membengkak. Jadi jangan coba-coba ya menggunakan kartu kredit Jika kamu masih tergolong gaji yang minim!!

5. Mau mengajukan utang? MIKIR 1000x!!
Selain utang dalam bentuk kartu kredit, sekarang ini akses pinjaman itu banyak sekali. Apalagi karena teknologi yang sudah maju dan internet yang sudah sangat mudah untuk diakses. Tapii ingat semakin mudah mengakses pinjaman itu artinya, semakin 'lebar lubang utang' apalagi, hanya bila digunakan untuk tujuan yang kurang produktif bisa dibilang konsumtif!
Gaji minim? Berikut 5 tips menabung agar gaji tidak habis begitu saja.
Bagaimana bisa menabung bila kamu sendiri menggali lubang utang semakin dalam, apalagi mengajukan pinjaman untuk hal-hal yang kurang produktif, kalaupun kamu memutuskan untuk meminjam pinjaman gunakanlah untuk kebutuhan yang produktif seperti, pinjaman modal bisnis.

Jadi coba pikirkan lagi, Apakah tujuan kamu mengajukan pinjaman dana untuk kebutuhan produktif, bila tidak sebaiknya jangan diajukan karena akan semakin sulit bagi kamu untuk menabung bila di sisi lain kamu harus menutup tagihan demi tagihan dari utang yang kamu ciptakan.
Sekian artikel ini kami buat, sejatinya jika kamu menggunakan uang gaji sesuai kebutuhan tentunya tidak akan habis begitu saja dan tidak akan terbelit hutang. Jadi gunakanlah uang gajian kalian dengan bijak. Sesuaikan pendapatan dengan pengeluaran yaa..

1 Response to "Gaji Minim? Berikut 5 Tips Menabung agar Gaji Tidak Habis begitu Saja."

  1. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete