Sifat-sifat Boros yang Kamu Harus Hindari agar Hidup Lebih Hemat

Sifat sifat boros yang kamu harus hindari agar hidup lebih hemat
Gaya hidup yang berlebihan dan cenderung tidak prihatin sejak kecil bukan tidak mungkin membuat kita jadi pribadi yang boros saat dewasa. Akibatnya walau sudah bekerja lembur setiap hari tetap saja tidak punya uang apalagi tabungan. bahkan gaji seringkali habis sebelum waktunya, dan kamu pun akan menderita di akhir bulan karena uang kamu sudah habis kamu belanjakan terhadap hal-hal yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

Baca Juga : Gaji minim? Berikut 5 tips menabung agar gaji tidak habis begitu saja.

Kamu merasakan apa yang di sebutkan? tandanya ada yang tidak beres dengan cara kamu mengelola keuangan. Nah berikut kami berikan contoh sifat boros yang secara tidak sadar kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan berdampak kepada keuangan yang tidak sehat.
1. Mudah terpengaruh oleh orang lain
Sering makan siang bersama teman-teman kantor di restoran mewah? atau mungkin sering kali pergi karaoke setiap minggu bersama teman meski kamu tidak suka? Nahhh mungkin ini salah satu penyebab keuangan kamu tidak terkendali.

Sebaiknya jangan biarkan lingkungan sekitar kamu mengatur keuangan kamu yaaaa, bergayalah sesuai dengan penghasilan kamu tanpa terpengaruh oleh tekanan sosial.

2. Lupa membandingkan harga
Sifat sifat boros yang kamu harus hindari agar hidup lebih hemat
Membandingkan harga dapat berpengaruh terhadap pengeluaran lohhh. Contohnya bandingkanlah harga bahan makanan sehari-hari seperti beras atau susu. Perbedaan kecil dapat berpengaruh karena kita rutin membelinya.

Selain itu lakukan juga perbandingan harga pada hal-hal besar seperti saat membeli motor, bandingkan harga dari beberapa dealer dan membandingkan juga alternatif pembayarannya. Jangan asal membeli yhaa atau kamu akan menyesal nantinya.

3. Membayar lebih dari seharusnya
Biaya kebutuhan hidup sehari-hari merupakan salah satu biaya bulanan yang terbesar. Cari alternatif yang bisa dilakukan demi menghemat sedikit uang, sebagai contoh terkadang beberapa barang akan dijual lebih murah jika kita membeli dalam jumlah besar misalnya tisu.

Hindari membeli dalam kemasan kecil secara berulang, belilah langsung besar dan itu akan lebih menghemat pengeluaran kamu, bahkan kamu pun tidak perlu sering keluar rumah.

4. Tidak membeli barang dalam jumlah besar (stok)
Membeli barang dalam jumlah besar dapat menguntungkan terutama barang yang tidak mudah rusak. Jika kamu membeli produk dengan potongan harga dalam jangka waktu tertentu belilah dalam jumlah lebih banyak dari yang kita butuhkan sehingga kita sudah memiliki stok barang untuk beberapa bulan ke depan.

Baca Juga : 9 Cara mengatur keuangan untuk anak kost agar hidup lebih sejahtera

Hal ini sering dilakukan oleh seseorang dengan gaya hidup hemat dan memang terbukti menguntungkan. Karena secara tidak langsung lebih berhemat untuk jangka panjang dan kamu pun tidak perlu repot-repot bolak-balik supermarket hanya untuk membeli barang yang sama.

5. Menyia-nyiakan makanan
Sifat sifat boros yang kamu harus hindari agar hidup lebih hemat
Kebiasaan menyia-nyiakan makanan adalah sebuah masalah besar sebagai contoh jika kita membuang makanan sisa yang tidak habis atau melupakan bahan makanan di freezer hingga rusak sehingga harus dibuang.

Ubahlah kebiasaan tersebut dengan menyimpan makanan sisa untuk keesokan harinya atau belilah dengan porsi kecil atau mungkin juga berbagi dengan teman atau tetangga kamu. Tips lainnya adalah membuat list makanan dalam kulkas dengan melihat kadaluwarsanya juga sehingga kita tidak akan lupa mengonsumsinya sebelum rusak.

6. Membayar sesuatu yang tidak digunakan
Kecanggihan internet memang makin membuai, manfaatnya juga sangat banyak tidak perlu keluar rumah yang penting ada jaringan internet dirumah dan semua hal bisa dilakukan. Tapi bagi yang sibuk di luar rumah, jaringan internet di rumah mungkin hanya digunakan saat libur.

Ujung-ujungnya sayang dong malah hanya jadi pemborosan apalagi kalau paket yang dibayar adalah untuk sebulan penuh. Jadi dianjurkan untuk kamu yang sering keluar rumah lebih baik beli lah paketan di internet ponsel kamu saja.

7. Membeli yang termurah
Sifat sifat boros yang kamu harus hindari agar hidup lebih hemat
Membeli alat-alat elektronik yang murah namun harus terus membayar biaya reparasi atau menggantinya setahun sekali akan jauh lebih boros daripada membeli produk dengan kualitas terbaik yang dapat tahan hingga 10 tahun kedepan nya. Ingatlah bahwa murah tidak selalu baik dan kualitas juga sangat penting yaaaa.

8. Mengubah sesuatu yang spesial menjadi kebiasaan sehari-hari
Kebiasaan membeli perhiasan pada saat berulang tahun atau spa saat memperoleh bonus mungkin rasanya biasa. namun jika kita membiasakannya maka makna spesialnya akan hilang dan menguras kantong. misalnya menikmati spa dengan frekuensi yang sering di jadikan momen spesial tetap berkesan dan aman kan lah dompet kamu!!

9. Membeli barang pelengkap
Ada lagi nih kebiasaan membeli barang yang hanya menjadi pelengkap barang tersebut sebenarnya tidak dibutuhkan. Salah satu contohnya adalah saat kita membeli sebuah tas dan menjadikannya alasan untuk membeli pakaian baru, sepatu baru dan perhiasan baru yang senada dengan tas tersebut.

Baca Juga : 5 Ide bisnis yang menguntungkan bagi generasi milenial. 

Kebiasaan ini sangat berbahaya karena dapat menjadi alasan untuk hidup boros, jika kita merasa terbiasa melakukannya hentikan segera agar dapat mulai berhemat.

10. Tidak menentukan prioritas
Kita bekerja dengan beberapa tujuan misalnya buat bisa menyicil rumah, membeli kendaraan bermotor hingga membeli gadget terbaru. Namun sebaiknya tentukan prioritas kita dari yang terpenting. Dengan begitu kita akan fokus dengan tujuan bekerja dan tidak menghambur-hamburkan penghasilan untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

11. Membanding-bandingkan diri dengan orang lain
Sifat sifat boros yang kamu harus hindari agar hidup lebih hemat
Jangan pernah berpikir bahwa kita baru sukses jika melihat kegagalan orang lain. Dengan berpikir demikian kita akan mencari cara untuk mengambil keuntungan dari orang lain dan fokus pada kegagalan orang lain daripada kesuksesan sendiri. Carilah bentuk kerjasama yang dapat menguntungkan kedua belah pihak dan hindari merugikan orang lain hanya demi keuntungan kita. itu sangat tidak baik yaa gengss!!

12. Tidak mengembangkan diri
Kunci kesuksesan diri kita ya diri kita sendiri sehingga penting untuk menjaga dan mengembangkan diri baik dari segi kesehatan, kemampuan hingga keterampilan. Sediakanlah waktu untuk memperbaiki diri menjadi seseorang yang lebih baik sehingga kamu dapat mencapai tujuan finansial kamu.

Ingat ya berhemat merupakan suatu kebiasaan yang baik. Namun berhemat bukan berhenti mengorbankan segala hal yang penting dalam hidup kamu, jangan kelewat berhemat hingga mengorbankan kebahagiaan kamu sendiri.

Coba deh hilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk secara perlahan dan bertahap lama-kelamaan kamu akan terbiasa dengan hidup hemat tanpa harus merasa menderita bahkan hati kamu akan bahagia karena kamu berhemat.

1 Response to "Sifat-sifat Boros yang Kamu Harus Hindari agar Hidup Lebih Hemat"

  1. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete