Tips agar 'Si Kurus' Tidak Semakin KURUS di Bulan Puasa Ini.

Tips agar 'Si Kurus' ngga makin KURUS di bulan puasa ini.
Bagi umat muslim puasa jadi ibadah wajib setiap bulannya yang harus dilakukan. Tak jarang orang mengeluhkan berkurangnya berat badan saat berpuasa. Buat kamu yang sudah kurus dan tidak ingin kehilangan lebih banyak berat badan. Coba deh simak artikel ini, semoga membantu kamu.
1.Penuhi kebutuhan kalori kebutuhan tubuh seperti biasa
Kebutuhan kalori pria dewasa adalah 2500 kalori sementara perempuan adalah 2000 kalori. Meskipun berpuasa, jangan berpikir bahwa kamu perlu mengurangi kebutuhan kalori harian kamu. Tenang saja, kamu bisa mendapatkn kalori yang kamu butuhkan dari susu, keju, alpukat dan kacang-kacangan.

2. Tetap makan 3 kali sehari
Sebagian orang mungkin hanya akan makan besar pada waktu berbuka atau sahur. Untuk kamu yang khawatir kalori tidak terpenuhi, kamu bisa makan 3 kali sehari. Kamu bisa membaginya menjadi waktu berbuka, sehabis tarawih dan sahur. Namun, kamu tetap perlu memenuhi kalori kamu dengan makanan yang bergizi ya!

Baca Juga : Tips jitu memanfaatkan puasa untuk kamu yang ingin diet

3. Jangan pernah lewatkan sahur
Tidak hanya berbuka, sahur jadi momen penting saat berpuasa. Itu karena sahur menjadi saat terakhir kamu bisa makan sebelum kamu berpuasa hingga matahari terbenam.

Selain itu, sahur juga jadi momen terbaik untuk makan dengan porsi besar setelah kamu tidur malam, dengan sahur kamu bisa mencegah berat badan kamu turun untuk itu setidaknya kamu makan mendekati waktu imsak atau subuh.

4. Tetap rutin berolahraga
Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk tidak berolahraga. Rutin berolahraga penting agar tidak ada penyusutan massa otot akibat tidak adanya aktivitas fisik. Lantas kapan sebaiknya berolahraga? kamu bisa mengakalinya dengan berolahraga menjelang berbuka atau saat malam. Namun jangan dipaksakan berolahraga berat jika kamu tidak kuat ya!

5. Penuhi kebutuhan protein kamu
Selain berolahraga, konsumsi protein yang cukup juga bisa membantumu meminimalkan kehilangan massa otot. Selain itu protein juga membantu kamu menjaga nafsu makan, protein yang baik bisa kamu dapatkan dari ikan, telur,tahu tempe dan kacang-kacangan.

Baca Juga : Menu sehat untuk anak yang kurang gizi paling mudah disajikan

6. Tidur dengan cukup
Puasa memang membuat pola tidur kamu berubah. Itu karena kamu perlu bangun lebih awal untuk sahur belum lagi kalau kamu melakukan ibadah malam seperti sholat tarawih dan sholat malam. Namun bukan berarti waktu tidur kamu boleh berkurang ya! tidur itu sangat penting agar metabolisme tubuh kamu tetap berjalan baik dan mencegah kamu kehilangan berat badan.

7. Sebisa mungkin hindari stress
Stress yang berlarut-larut ternyata bisa membuat berat badan kamu turun lho. Itu karena stres berpengaruh pada suasana hati kamu yang kian memburuk. Sebagai plampiasannya bisa saja kamu melewatkan makan atau lebih memilih makanan yang tidak tepat.

Duhh jangan sampaii deh yaa! puasa yang benar itu membuat tubuh kamu makin sehat dan ideal yaaa, bukan makin kurus atau gemuk. Untuk itu ikuti cara sehat di atas okeyy, semoga bermanfaat. terimakasih

0 Response to "Tips agar 'Si Kurus' Tidak Semakin KURUS di Bulan Puasa Ini."

Post a Comment