Tips Mengatur Pendapatan, agar Gaji Bulanan Tidak Hanya Lewat Saja.

Tips mengatur pendapatan, agar gaji bulanan tidak hanya lewat saja.
Pernah ngga sih kamu merasa sehabis gajian uangmu hilang begitu saja entah kemana tanpa ada sia untuk investasi masa depan maupun dana darurat buat jaga-jaga? Maka dari itu kita harus pkamui cara mengelola uang dengan baik dan benar. Kalo kamu masih bingung gimana caranya, formula 40-30-20-10 adalah cara yang bisa kamu coba! Formula ini bersifat universal, artinya bisa diterapkan pada rentan gaji berapa pun mulai dari gaji 2 jutaan hingga di atas 10 jutaan pun bisa! Mari disimak!!

1. Alokasikan 40% untuk biaya hidup dan pengeluaran rutin
Angka 40% adalah persentase yang ideal dialokasikan untuk pengeluaran rutin dan kebutuhan yang wajib dipenuhi. Kebutuhan tersebut berupa biaya makan sehari-hari, air, listrik, pulsa, internet, transpottasi dan sebagainya.

Usahakan alokasi ini sudah mencakup semua kebutuhan mulai dari yang sifatnya pokok sehingga rekreasional sehingga kamu tidak perlu mengambil dari pos lain agar proposinya tetap seimbang.

2. Alokasikan 30% untuk cicilan dan tagihan
Memiliki hutang dan cicilan tak selamanya buruk, selama hutang atau cicilan tersebut digunakan untuk membeli aset yang sifatnya produktif.

Contohnya adalah cicilan rumah, kendaraan dan peralatan untuk kebutuhan wajib. Jika belum memiliki tempat tinggal sendiri, dana untuk menyewa kontrakan juga bisa dimasukkan dalam alokasi ini.

Mengusahakan untuk menghindari berhutang untuk hal-hal yang bersifat konsumtif, misalnya membeli barang mewah, perhiasan atau barang-barang lain yang sebenarnya tidak kamu perlukan.

3. Alokasikan 20% untuk tabungan dan simpanan
Untuk nalokasi ini, kamu bisa membaginya ke dalam bebrapa pos lagi misalnya untuktabungan, asuransi, dana darurat maupun investasi.

Tidak harus terpaku pada seperti itu juga, kamu bisa lebih fleksibel dalam menyesuaikan alokasinya dengan pendapatan dan keadaan finansialmu asalkan persentasinya nggak berkurang dari 20%.

4. Alokasikan 10% untuk melakukan kebaikan
Alokasi yang disisihkan untuk kebaikan maksudnya adalah pengeluaran yang digunakan untuk beramal, sedekah, donasi maupun berzakat. Memberikan sebagian dari pendapatan yang kita punya  kepada orang tua juga termasuk kebaikan. 10% bukan angka yang wajib, jika kamu masih berpenghasilan pas-pasan kamu bisa mengurangi persentase tersebut namun usahakan untuk tetap ada.

Sebaliknya, jika kamu sudah sukses dan penghasilanmu meningkat, nggak ada salahnya juga untuk mengalokasikannya dalam jumlah yang lebih besar, itung-itung biar rejekimu berkah gaes^^

Jika sekiranya alokasi tersebujt masih belum mencakupi untuk kamu terapkan berarti kamu harus membenahi manajemen keuanganmu, kamu bisa menyiasatinya dengan bekerja lebih keras untuk menambah keuangan kamu atau dengan menyesuaikan gaya hidup dengan pendapatan yang ada.

Jangan lupa gaes HEMAT PANGKAL KAYA, RAJIN PANGKAL PkamuI. Dan jangan lupa bersyukur serta bahagia^^. TerimaKasih.

2 Responses to "Tips Mengatur Pendapatan, agar Gaji Bulanan Tidak Hanya Lewat Saja."


  1. Thanks infonya menarik banget. Oiya ngomongin mengelola gaji karyawan, ternyata ada loh beberapa kesalahan finansial yang kerap dilakukan karyawan baru. Mau tau apa aja? Bisa cek di sini: kesalahan finansial karyawan baru

    ReplyDelete
  2. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete