Kebiasaan yang Dapat Memperparah Timbulnya Jerawat, yang Kamu Lakukan Tanpa Sadar

Kebiasaan yang dapat memperparah timbulnya jerawat, yang kamu lakukan tanpa sadar.
Memiliki jerawat merupakan hal yang tidak mengenakkan untuk kamu para remaja atau dewasa sekalipun. Tentu saja jerawat dapat mengurangi kepercayaan diri seseorang karena merasa minder. Nah bisa saja faktor timbulnya jerawat itu dari kita sendiri yang kita lakukan tanpa sadar.

Maka dari itu hindari kebiasaan kebiasaan yang dapat menimbulkan jerawat. berikut kami akan memberikan beberapa kebiasaan yang menyebabkan memperparah timbulnya jerawat, simak baik-baik yaa dan jangan lakukan jika kalian sudah mengetahui kebiasaan tersebut dapat menyebabkan timbulnya jerawat!!
1. Menyentuh wajah dengan tangan kotor
Menyentuh wajah dengan tangan kotor adalah penyebab jerawat yang paling sering dilakukan banyak orang, bakteri dan berbagai kotoran yang menempel di tangan kamu dapat menempel dan menyumbat di pori-pori wajah kamu. nah hal ini adalah yang membuat kulit kamu jadi rentan berjerawat.

Selain kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan kotor, benda-benda yang menempel di wajah kamu, seperti handphone, alat make up bahkan keringat pun dapat memicu tumbuhnya jerawat.
Untuk menghindarinya, kurangi kebiasaan menyentuh wajah atau gunakan tisu bersih saat menyentuh jerawat. gunting selalu kuku kamu atau selalu dibersihkan bila kamu ingin memiliki kuku panjang. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan tangan dengan rutin cuci tangan.

Sebaiknya bersihkan juga benda-benda yang sering kamu gunakan sehari-hari seperti, handphone, alat make up, handuk, seprai kasur serta lap wajah secara rutin agar tidak menjadi sarang bakteri yang dapat membuat wajah kamu semakin berjerawat.

2. Rambut yang kotor
Tidak semua orang keramas setiap hari, ada yang hanya keramas setiap 2 hari sekali atau juga mungkin keramas seminggu sekali. Terlepas dari beberapa sering kamu keramas penting bagi kamu untuk melakukan keramas secara rutin. Apalagi jika kamu salah satu orang dengan rambut tipis panjang dan berponi.
Kebiasaan yang dapat memperparah timbulnya jerawat, yang kamu lakukan tanpa sadar.
Masalahnya jarang keramas selain membuat rambut kamu jadi bau dan lepek, hal tersebut juga dapat menyebabkan kotoran pada rambut menempel pada wajah. akibat nya kulit kamu jadi rentan berjerawat. Jika memungkinkan cucilah rambut kamu secara rutin dan sebaiknya hindari menggunakan produk rambut pada area dahi.

3. Terlalu cepat menyerah dengan obat jerawat
Perawatan wajah untuk mengobati jerawat memerlukan waktu sebelum akhirnya menunjukkan hasil. biasanya tidak mungkin terjadi perubahan yang drastis hanya dalam kurun waktu seminggu.

Jadi jangan langsung buru-buru ganti obat kalau belum terlihat efeknya. pengobatan jerawat dapat memakan waktu 1 bulan atau lebih sebelum hasilnya terlihat. Jangan cepat berputus asa jika kamu ingin mendapatkan hasil yang memuaskan.

4. Terlalu sering mencuci muka atau melakukan eksfoliasi (scrub)
Salah satu kunci untuk memiliki kulit yang bebas dari jerawat adalah dengan menjaga kebersihan wajah. Oleh karena itu, selama ini kamu mungkin menjaga kebersihan dengan sering sering mencuci muka. namun, terlalu sering mencuci muka justru memicu timbulnya jerawat.

Pasalnya hal tersebut dapat membuat kulit iritasi dan semakin sensitif dan kulit kamu semakin tipis karena sebenarnya wajah memproduksi minyak untuk melembabkan dan melindungi wajah. Selain itu mencuci wajah berkali-kali dengan sabun dapat menyebabkan acne detergicans yaitu kondisi dimana jerawat timbul akibat reaksi terhadap zat yang terkandung dalam sabun atau pembersih.

Bahan kimia yang ada di cairan pembersih wajah juga bisa membunuh bakteri bakteri baik yang secara alamiah melindungi kulit wajah dari bakteri jahat. Ini karena cairan pembersih atau sabun muka tertentu tidak bisa membedakan mana bakteri baik dan bakteri jahat.

Karena itu, keliru kalau kamu selama ini terlalu sering cuci muka untuk membersihkan jerawat. Padahal cukup mencuci muka sebanyak 2 kali sehari dengan air dan sabun yang sesuai dengan kondisi kulit wajah kamu. Jika wajah kamu berjerawat hindari menggunakan scrub wajah yang malah bisa membuat kulit kamu iritasi.
Kebiasaan yang dapat memperparah timbulnya jerawat, yang kamu lakukan tanpa sadar.

5. Cara mencuci muka yang kurang tepat
Sudah pakai segudang produk pembersih wajah tapi wajah masih terasa kurang bersih dan jerawat? jerawat tambah banyak bisa jadi kamu tidak mencuci muka dengan benar. Banyaknya produk pembersih wajah yang digunakan sebenarnya bukan jaminan untuk mendapatkan kulit yang bersih dan bebas dari kotoran.

Pastikan kamu selalu mencuci tangan sampai bersih sebelum cuci muka, bagi kamu yang memiliki rambut panjang atau berponi ada baiknya mengikat rambut terlebih dahulu sebelum cuci muka dengan begitu kamu juga akan lebih nyaman untuk mencuci wajah kamu.

Setelah itu, jika kamu pakai make up maka bersihkan riasan terlebih dahulu dengan menggunakan pembersih khusus sesuai dengan jenis kulit. Nah baru ke tahap mencuci muka menggunakan sabun pembersih sesuai dengan jenis kulit kamu. Pijat dengan lembut selama beberapa detik lalu bilas sampai bersih dengan air yang mengalir.

Jika kamu mencuci muka menggunakan handuk atau waslap perhatikan juga kebersihannya, bakteri yang ada pada handuk akan berpindah ke wajah dan malah jadi penyebab-penyebab jerawat. Ingat dengan menggosokkan handuk wajah saat mengeringkan muka hal tersebut dapat mengancam elastisitas kulit wajah. maka dari itu, biar kan wajah mengering dengan sendirinya atau tepuk-tepuk muka dengan handuk bersih. tepuk-tepuk kain lap yang lembab pada kulit dengan gerakan menyapu ke bawah.

6. Sering mengorek atau memencet jerawat
Sebaiknya tinggalkan jauh-jauh kebiasaan ini!! memencet jerawat tidak akan menghilangkan nya tetapi malah menimbulkan kerusakan dan bekas luka pada kulit wajah. Bahkan banyak dermatologis yang mengatakan bahwa kamu tidak boleh sekalipun memencet jerawat, karena kamu bisa melukai kulit wajah jika sembarangan memencet jerawat.

Saat kamu mencet jerawat kamu justru akan melunakkan kulit yang menyebabkan jaringan kulit rentan sobek. Gunakan pengobatan yang tepat untuk mengurangi jerawat dan meminimalisir timbulnya bekas luka.

7. Pakai kosmetik yang salah
Kebiasaan yang dapat memperparah timbulnya jerawat, yang kamu lakukan tanpa sadar.
Pemilihan kosmetik yang tidak tepat dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori dan komedo. hal inilah yang menyebabkan kemunculan jerawat.

Jika kulit kamu memang rentan berjerawat, pilihlah jenis kosmetik yang berlabel khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat (for oily and acne prone skin) yang juga kosmetik pilihan kamu memiliki label non-organik yang tidak menyumbat pori.

8. Pakai hair spray atau minyak rambut
Penggunaan produk perawatan rambut dapat memicu jerawat di dahi atau di sekitar garis rambut. Contohnya, minyak rambut atau hair spray begitu kamu menyemprotkan atau mengoleskan produk tersebut ke rambut kamu kemungkinan besar sisanya bisa mengenai kulit di sekitar pinggiran rambut, dari produk tersebut tidak dibuat untuk kulit wajah sehingga bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori dan munculnya jerawat jadi gunakanlah minyak rambut secukupnya jangan terlalu banyak kemudian atur jarak penyemprotan hairspray dan tutup wajah dengan tangan kamu ketika menyemprotkan nya.

9. Stres
Kebiasaan yang dapat memperparah timbulnya jerawat, yang kamu lakukan tanpa sadar.
Tanpa kamu sadari, berbagai tuntutan pekerjaan, kuliahan dan masalah pribadi dapat menyebabkan kamu stres. berbagai penelitian menunjukkan hubungan stres dan berbagai penyakit di tubuh termasuk pada kulit kamu.

Ya beberapa studi telah menunjukkan bahwa stres dapat memicu jerawat untuk menjadi lebih buruk. stres bukan penyebab jerawat muncul tetapi dapat membuat jerawat bertambah parah. Saat stress kebiasaan buruk dapat menjadi semakin buruk dan dapat menyebabkan jerawat.

Kebiasaan buruk meliputi merokok, minum alkohol, makan berlebihan dan makan terlalu banyak gula. Mengonsumsi banyak gula yang diproses dapat menyebabkan peningkatan insulin sehingga produksi minyak meningkat dan memper buruk kondisi jerawat.

10. Tekanan atau gesekan pada kulit
Menggunakan helm, bra dan pet bahu dapat menyebabkan jerawat di badan bertambah buruk. Jika kamu sedang bertelepon letakkan handphone di pipi juga dapat menjadi penyebab jerawat muncul atau menjadi lebih parah.
Jadi jagalah kebersihan alat-alat tersebut agar meminimalisir timbulnya jerawat.


Meskipun penyebab jerawat masih ada yang tidak diketahui secara pasti. Namun, beberapa faktor di atas menjadi salah satu penyebab jerawat maupun menjadi faktor yang membuat kamu lebih berisiko jerawatan. bahkan hal hal tersebut juga dapat memicu jerawat atau justru membuatnya menjadi lebih parah.

Nah oleh karena itu, sekarang kamu sudah mengetahui kan kebiasaan kebiasaan tersebut dapat menimbulkan atau membuat jerawat menjadi lebih parah. Maka dari itu hindari kebiasaan kebiasaan tersebut agar kulit kamu terhindar dari jerawat atau mempercepat berkurangnya jerawat yang ada di wajah kamu.

1 Response to "Kebiasaan yang Dapat Memperparah Timbulnya Jerawat, yang Kamu Lakukan Tanpa Sadar"

  1. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete