Cara Menjaga Smartphone agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Punya smartphone tapi kok cepat banget rusak ya?. Bisa jadi, cara kamu salah dalam menggunakannya atau bahkan perawatan yang tidak benar juga bisa membuat smartphone kamu jadi cepat rusak. Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan smartphone tidak awet atau cepat rusak mulai dari, cara penggunaannya, usia maupun bahan material seperti apa yang digunakan ponsel tersebut.

Tapi sih ya, Kebanyakan yang menyebabkan smartphonel cepat rusak ya karena si penggunanya sendiri yang tidak bisa merawatnya dengan baik. Tak jarang kita selalu melihat ponsel teman maupun seseorang yang Kondisinya sudah memperhatikan ada yang layarnya sudah retak-retak, tombol powernya sudah tidak berfungsi atau baterai sering ngedrop dan sebagainya.
Cara menjaga smartphone agar awet dan tidak cepat rusak
Tentu saja yang menyebabkan ponsel cepat rusak itu si penggunaannya, karena banyak sekali orang yang menggunakan smartphone hanya sekedar dipakai saja tanpa merawatnya.Alhasill ya kalau begini usia ponsel juga tidak akan lama dan tentunya mudah rusak.

Lalu Bagaimana sih cara merawat smartphone supaya awet dan tahan lama bertahun- tahun? tenang saja tulisan semut akan membantu kamu, berikut beberapa cara agar Smartphone tidak cepat rusak, kami akan membagi ke dalam dua bagian yang pertama merawat dari luar smartphone dan yang kedua dari dalam smartphone.
1. Gunakan charger asli/ori
Banyak sekali orang-orang di sekitaran menggunakan charger yang tidak ori atau yang tidak dari hpnya langsung. Padahal dengan menggunakan perangkat asli seperti charger tentunya akan berdampak bagus bagi kondisi smartphone. Mulai dari kabel USB ataupun kepalanya sangat disarankan memakai yang original untuk menghindari kerusakan pada smartphone.

Jika charger ori kamu rusak, sebaiknya jangan sekali-kali mencoba charger yang palsu. Karena charger palsu itu banyak sekali kekurangannya contohnya adalah mengisi daya itu akan menjadi lebih lama, kepala charger bisa juga meledak dan parahnya lagi bisa berpotensi merusak hardware.

2. Pasang anti gores atau softcase
Anti gores itu tentunya sangat bermanfaat bagi smartphone. Hal ini dapat meminimalisir kerusakan Layar jika smartphone terjatuh. Softcase pun juga sama pentingnya karena kan enggak enak juga ya kalau layarnya masih bagus tapi casingnya banyak yang rusak ataupun patah.

Nah kedua alat ini sangat berguna untuk merawat Smartphone. karena walaupun sering jatuh tapi kondisinya pasti akan awet dan tahan lama. Kalau untuk case sendiri kamu bisa beli di online store kepercayaan kamu, kalau kami menyarankan kamu untuk membeli case di @yukshopp.id di instagram, mengapa? karena disana kamu bisa mengcustom case yang kalian inginkan dengan gambar yang bisa kamu pilih sendiri, dan yang paling terpenting harganya murah dan terjangkau dikantong pelajar.

Selain bisa melindungi smartphone kamu, case ini juga bisa membuat smartphone kamu lebih kelihatan menarik loh. Yuk buruan beli custom case di @yukshopp.id

3. Lakukan update OS kamu
Dengan mengupgrade OS maka sistem kamu menjadi lebih segar seperti dalam keadaan baru. Apabila sistem yang telah kamu pakai saat ini merupakan sistem OS baru maka semakin lebih sempurna lagi dan semakin lancar pula jalannya, kayak gak cepat ngelag gitu deh.

Untuk melakukan update sistem operasi Android atau OS kamu bisa melakukannya dengan cara, membuka menu settings ⇢ about device ⇢ download updates ⇢ check update ⇢ update atau kamu juga bisa melakukannya dengan cara melakukan flashing firmware (stock ROM) Android kamu

4. Install aplikasi seperlunya sesuai kebutuhan
Cara merawat smartphone selanjutnya ialah dengan cara menginstal aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan spesifikasi smartphone kamu tersebut. Jangan terlalu menginstal banyak aplikasi yang berlebihan tanpa mengetahui kekuatan penyimpanan smartphone yang kurang luas dan perlu berhati-hati jika ingin menginstal aplikasi pihak ketiga di luar resmi, karena memungkinkan banyak membawa virus dan malware.

5. Menghapus atau mengosongkan penyimpanan
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa, ketika penyimpanan internal sebuah smartphone penuh memiliki dampak negatif dan bisa merusak komponen. Ketika hal ini terjadi pada awalnya ponsel akan mempengaruhi kecepatan kemudian akan mempengaruhi kinerja hardware lainnya. Untuk mengatasinya kamu dapat menghapus atau memindahkan beberapa aplikasi dan file ke kartu memori eksternal (SD card).

1 Response to "Cara Menjaga Smartphone agar Awet dan Tidak Cepat Rusak"

  1. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete