Perubahan Drastis Jika Kamu Ingin Menjadi Vegetarian

Perubahan drastis jika kamu ingin menjadi vegetarian
Ingin menjadi vegetarian, namun terasa berat karena harus berpisah dengan daging? meski begitu gaya hidup vegetarian diakui sebagai ilmiah dapat membawa dampak positif ke tubuh. Kamu juga terbebas dari perasaan bersalah karena tidak lagi mengkonsumsi hewan untuk dimakan it a good thing right?haha

Namun, apakah yang terjadi pada tubuh ketika kita memutuskan menjadi vegetarian dan seberapa drastis perubahan tersebut? nahhh simak artikel di bawah ini yaaa!!
1. Terjadi perubahan berat badan
Memutuskan untuk menjadi vegetarian ternyata membawa perubahan positif ke penurunan berat badan hal ini pula yang dituturkan oleh Jennifer, MPH, RD.

"banyak klien saya terkejut betapa mudahnya menurunkan berat badan ketika beralih ke pola makan nabati sepenuhnya" ungkap nutrisionis tersebut dalam laman health.

Ini karena protein nabati lebih rendah kalori dari protein hewani. Selain itu teknik pengelolaan cukup krusial untuk menurunkan berat badan. Meskipun tidak mengkonsumsi daging tetapi jika makanan itu tinggi natrium, gula dan lemak sama saja akan mengkontribusi menambah berat badan jadi harus tetap seimbang ya!!

2. Indra perasa menjadi lebih peka
Setelah beberapa saat menghindari konsumsi protein hewani ada perubahan yang terjadi pada lidah kamu. Para vegetarian melaporkan adanya perbedaan yang mencolok dalam selera makan mereka yakni indra perasa mereka jadi lebih peka akan merasa makanan, tutur laman health.

Memang makanan vegetarian pada awalnya akan terasa hambar. Namun, jika terbiasa makan makanan vegetarian dalam kurun waktu yang lama, lidah kamu akan lebih peka terhadap rasa. Hal ini karena makanan hewani dan junk food biasanya mengandung terlalu tinggi garam, lemak dan gula yang akan menumpulkan indra pengecap kita.

3. Terjadi peningkatan energi dalam tubuh
Terbukti bahwa makanan nabati dapat membuat tubuh lebih fit dan bertenaga. Peningkatan energi ini terjadi karena kita cenderung menghindari makanan manis dan olahan, karena makanan tersebut dapat membuat lonjakan di gula darah, jelas laman health. Implikasinya makanan manis olahan dan tinggi lemak dapat menyebabkan kita cepat lemas dan mengantuk.

Hal berbeda terjadi ketika kita konsisten mengkonsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayuran. Makanan tersebut cenderung rendah kalori dan glukosa serta tinggi vitamin dan serat. Sehingga menyebabkan kita lebih berenergi dan bertenaga dalam menjalankan aktivitas fisik sehari-hari.

4. Mengalami ketidakseimbangan gizi
Tidak selamanya jadi vegetarian memiliki efek positif, dampak negatif pun turut dirasakan yakni mengalami ketidakseimbangan gizi. Hal ini karena kita membatasi diri dalam mengkonsumsi makanan tersebut seperti berhenti makan bahan makanan hewani padahal di dalam daging, susu atau telur tersimpan kandungan gizi yang tubuh kita perlukan.

Baca Juga : Menu sehat untuk anak yang kurang gizi paling mudah disajikan

Biasanya para vegetarian akan kehilangan vitamin b12, lemak omega-3, protein, zat besi, seng dan kalsium, terang laman health. Namun, jangan pesimis dulu! kamu masih bisa mendapatkan pengganti gizi tersebut dari makanan lain sebagai substitusi. misalnya, kalsium dari bayam, kedelai atau kacang almond.

5. Hubungan vegetarian dengan menjadi stress
Sebuah studi di jerman menunjukkan adanya keterkaitan antara menjadi vegetarian dan memiliki kecenderungan depresi. Ada 4.100 subjek yang berpartisipasi dalam penelitian ini dan hasilnya adalah mereka yang menjalani diet vegetarian memiliki kecenderungan 15 persen lebih tinggi mengalami depresi, terang laman foos to live.

Baca Juga : Ternyata, inilah 5 pekerjaan yang rawan mengalami stres.

Namun, hasil penelitian ini masih diperdebatkan oleh sebagian ilmuan. Kontras dari penelitian tersebut, buah dan sayur ini justru ampuh dalam meredakan depresi. Misalnya pisang, kacang, beri-berian, apel, anggur sampai kiwi, terang laman psycom.

6. Makanan bersesat dapat menghindarkan masalah pencernaan
Kekurangan serat dapat menyebabkan masalah dalam pencernaan kamu seperti kembung, diare atau sembelit. Jika kamu beralih menjadi vegetarian masalah kekurangan serat itu akan otomatis teratasi. Serat memiliki peranan penting untuk tetap terhidrasi sepanjang hari dan meminimalkan gangguan pencernaan, ungkap laman SF gate.

Jumlah serat disesuaikan dengan jumlah kalori yang kita konsumsi setiap hari. Misalnya, jika kita makan 1800 kalori per hari, maka kita harus mengonsumsi serat sebanyak 25 gram. Makanan yang kaya akan serat di antara nya adalah pisang, jeruk, apel, stroberi, wortel, buah bit, brokoli, bayam, kacang polong, gandum hingga kacang pistachio, terangaman meta mucil.

7. Membuat kulit menjadi lebih sehat
Bagi kamu yang memiliki masalah dengan kulit, ada baiknya jika memutuskan menjadi vegetarian. Studi menunjukan bahwa dalam masa 3-6 bulan jadi vegetarian, kulit kita akan lebih sehat. Jerawat yang biasa menghigapi kulit pun akan perlahan-lahan memudar, tutur laman live kindly.

Baca Juga : Kebiasaan yang dapat memperparah timbulnya jerawat, yang kamu lakukan tanpa sadar.

Makanan yang bisa membuat kulit kita lebih sehat dan bersinar, diantaranya adalah wortel, ubi, pepaya, alpukat, bayam, gandum, beri-berian, kacang almond sampai kacang walnut, ungkap laman eat this. Just try and feel the difference!

Nahhh itu dia perubahan yang terjadi jika kamu memutuskan menjadi vegetarian, apakah kamu tertarik?tenang lho banyak banget manfaat nya iyaa kann, semoga bermanfaat yaa. terimakasih!

1 Response to "Perubahan Drastis Jika Kamu Ingin Menjadi Vegetarian"

  1. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete