Tips Jitu Memanfaatkan Puasa untuk Kamu yang Ingin Diet

Tips jitu memanfaatkan puasa untuk kamu yang ingin diet
Bulan ramadhan sudah tiba, bulan suci umat muslim ini lantas menjadi ajang bagi sebagian kalangan untuk melakukan diet menurunkan berat badan. Namun, kadang kali yang terjadi adalah sebaliknya, yakni berat badan malah makin bertambah akibat porsi makan yang berlebihan terutama saat berbuka puasa. lantas bagaimana sih diet saat puasa yang benar dan efektif?

Pada dasarnya cara diet saat puasa tidak jauh berbeda dengan diet yang kamu lakukan di luar bulan ramadhan. Kamu tetap saja harus memperhatikan keseimbangan asupan antara karbohidrat, protein dan lemak dalam setiap makanan yang dikonsumsi. Ini tentu saja berlaku baik saat sahur maupun berbuka puasa.

Nah, maka dari itu jangan sampai makan sahur dan berbuka puasa malah merusak program diet kamu. Berikut ini tips diet saat puasa yang bisa kamu terapkan guna mengontrol berat badan demi tampil menawan di Hari Raya Idul Fitri nanti.
1. Hindari makanan atau minuman yang mengandung gula
Setelah seharian tidak makan dan tidak minum tubuh tentu saja menjadi lemas tak bertenaga. Oleh sebab itu, saat berbuka puasa kamu disarankan untuk terlebih dahulu mengonsumsi makanan dan minuman manis. Makanlah saat sahur untuk memberikan tenaga saat berpuasa.

Akan tetapi, bagi kamu yang sedang berdiet ada baiknya untuk tidak mengonsumsi makanan maupun minuman manis secara berlebihan terutama pada saat buka puasa. Walaupun gula adalah sumber energi, perlu diingat bahwa gula juga salah satu bahan makanan yang membuat gemuk.

Hal ini karena saat berkuasa produksi insulin di dalam tubuh akan mengalami defisiensi. Padahal insulin berfungsi untuk mengubah gula menjadi energi bagi tubuh, akibat kekurangan insulin gula yang masuk hanya akan menjadi lemak.

2.Hindari berbuka dengan gorengan
Tips jitu memanfaatkan puasa untuk kamu yang ingin diet
Aneka gorengan seperti risoles, bakwan, tahu isi hingga pisang goreng memang sangat menggugah selera dan tepat untuk dijadikan santapan saat sahur apalagi saat berbuka puasa.

Namun, mengkonsumsi gorengan saat bulan puasa tidak disarankan untuk kamu yang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan. Cara diet saat puasa ini sangat penting untuk dilakukan. pasalnya, gorengan mengandung banyak lemak terlebih lagi jenis lemak yang terkandung adalah lemak jenuh. Selain bisa membuat tubuh yang bertambah gemuk, minyak jenuh memicu kolesterol jahat (LDL) memenuhi tubuh.

Dari pada mengkonsumsi gorengan maupun jenis makanan lainnya yang mengandung lemak jenuh. Perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti ikan, kacang-kacangan dan buah-buahan di samping tak kalah nikmat makanan makanan tersebut sudah pasti jauh lebih sehat dan tidak membuat berat badan bertambah.

3. Konsumsi makanan yang mengandung protein dan serat
Sebaliknya, lakukan tips diet saat puasa dengan memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan kandungan protein dan serat. Alih-alih mengonsumsi makanan yang mengandung kalori makanan yang mengandung protein dan serat cenderung membuat perut kamu kenyang lebih lama.

Dengan begitu saat waktu berbuka puasa tiba kamu tidak kalap dengan mengonsumsi hidangan berbuka terlalu banyak yang mana hal tersebut akan membuat program diet kamu jadi gagal.

4. Perbanyak minum air putih
Tips jitu memanfaatkan puasa untuk kamu yang ingin diet
Jangan lupakan juga pentingnya air putih saat menjalankan ibadah puasa ramadhan. Kurangnya asupan air sepanjang hari akibat berpuasa mengharuskan kamu untuk banyak minum air putih saat sahur dan berbuka guna segera mengganti cairan tubuh yang habis.

Sementara itu, dalam kaitannya dengan diet saat puasa air putih jauh lebih sehat ketimbang jenis minuman lainnya terutama yang mengandung banyak gula contohnya minum sirup. Terlalu banyak yang harus kamu lakukan justru lebih banyak mengharuskan minum air putih saat berbuka.

Kandungan gula pada minuman seperti sirup bisa bisa membuat berat badan kamu malah naik.
Idealnya kamu mengonsumsi air putih sebanyak 3 gelas saat sahur 3 gelas saat berbuka 3 gelas selepas sholat tarawih dan 2 gelas sebelum tidur.

5. Makan secukupnya saat berbuka
Godaan terbesar dari puasa ramadhan adalah pada saat waktu buka puasa tiba. Bagaimana tidak setelah seharian menahan lapar dan haus kamu tentu merasa kelaparan dan kehausan ujung-ujungnya semua makanan dan minuman yang ada di meja makan di santap semua.

Hati-hati khususnya bagi kamu yang sedang menjalani program diet saat puasa, kalau kamu berpikir makan dan minum banyak saat puasa sah sah saja dan tidak terganggu maka hal itu tersebut sepenuhnya salah!.

Baca Juga : Lakukan 7 hal ini agar tubuh kamu tetap fit saat berpuasa

Nyatanya porsi makan yang berlebihan meski hanya dilakukan saat berbuka tetap saja berpengaruh terhadap penambahan berat badan. Terlebih lagi makanan yang kamu konsumsi kaya akan kandungan gula dan lemak jenuh.

Oleh karena itu, tetaplah makan dalam porsi yang tidak berlebihan agar diet saat puasa kamu berjalan dengan lancar dan efektif.

6. Makan perlahan
Selain makan secukupnya cara diet saat puasa yang harus kamu terapkan adalah dengan makan secara perlahan, jangan terburu-buru. Lebih baik lagi untuk terlebih dahulu menyantap makanan makanan ringan. Setelah selesai melaksanakan salat tarawih baru lah dilanjutkan dengan menyantap hidangan utama.

7. Olahraga
Tips jitu memanfaatkan puasa untuk kamu yang ingin diet
Meskipun tengah berpuasa bukan berarti aktivitas olahraga harus terhenti. Faktanya salah satu cara diet saat puasa adalah dengan tetap rutin melakukan olahraga.

Untuk menghasilkan energi yang dilakukan oleh tubuh biasanya membakar gula (glukosa) yang ada dalam tubuh. namun, ketika berpuasa yang notabene tubuh akan kekurangan glukosa. Lantas mencari alternatif sumber energi lainnya hal ini dari tumpukan lemak berlebih.

Nah aktivitas membakar lemak berlebihan untuk menghasilkan energi tersebut yang menjadi alasan mengapa olahraga saat puasa masuk ke dalam daftar diet saat puasa kali ini.

8. Istirahat yang cukup
Tips jitu memanfaatkan puasa untuk kamu yang ingin diet
Diet saat puasa akan semakin efektif jika kamu menerapkan istirahat tidur yang cukup. Hal ini didasari fakta bahwa istirahat atau tidur yang kurang selama bulan puasa ramadhan dapat merusak metabolisme tubuh.

Akibatnya, tubuh tidak dapat melakukan pembakaran lemak dengan baik. Tak hanya itu kurang tidur saat bulan ramadhan disebut-sebut hanya akan meningkatkan hormon giberelin yang mana hormon tersebut dapat membuat nafsu makan bertambah.

Jika sudah begitu maka jangan heran saat waktu berbuka tiba yang ingin kamu lakukan hanyalah menyantap sebanyak mungkin hidangan berbuka yang tersedia. Diet pun akhirnya gagal oleh karena itu jangan lupakan tips diet saat puasa yang satu ini ya.


Itulah beberapa tips untuk kamu yang sedang melakukan program diet, terapkan dan jangan ada yang salah ya! jangan paksakan diri juga, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Kita juga harus mengetahui sejauh mana kemampuan kita. Dan jangan lupa komitmen dengan apa yang telah dimulai. semoga membantu.Terimakasih.

1 Response to "Tips Jitu Memanfaatkan Puasa untuk Kamu yang Ingin Diet"

  1. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete